-->

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melamar Kerja

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melamar Kerja

Apabila keempat poin di atas sudah dipersiapkan dan dikuasai namun tidak dibarengi dengan perilaku yang baik, maka hal tersebut percuma saja dan akan menjadi sesuatu yang amat disayangkan. Tak sedikit orang yang memiliki skill hebat, namun perilakunya tidak mencerminkan skill tersebut.

Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Melamar Kerja

Secara garis besar, pada saat wawancara kamu diminta untuk menjelaskan kemampuan, pengalaman dan kelebihan yang kamu miliki seinformatif mungkin dalam waktu yang singkat. Kelihatannya memang sederhana, tetapi tetap saja pasti ada perasaan cemas dan gugup karena kamu tidak tahu dengan siapa kamu akan diwawancara dan pertanyaan-pertanyaan apa yang nanti akan ditanyakan.

Seperti saat interview, caramu berjalan, berbicara, berpakaian dan cara make up sudah dinilai sebagai bahan pertimbangan. Tipsnya adalah pakailah pakaian yang sopan waktu tes seleksi, jangan berlebihan menggunakan make up dan gunakan aksesoris seperlunya saja.

Namun, tak sedikit mahasiswa yang melupakan teori tersebut seiring bertambahnya semester. Akibatnya, saat proses skripsi pun sering merasa stuck dan begitu masuk di dunia kerja, teori yang sudah di dapat seperti menguap hilang begitu saja.

Namun, kamu jangan memasukkan semua informasi tentang dirimu yang tidak berhubungan ke dalam surat lamaran. Informasi yang tidak berhubungan itu seperti, informasi tentang urutan anak ke-berapa dalam keluarga, informasi pernah jalan-jalan ke luar negeri, informasi makanan kesukaan, dan lain sebagainya. Informasi-informasi itu tidaklah penting dimasukkan dalam surat lamaran pekerjaan.

Digital media dan komunitas untuk mendukung wanita di bidang karir, usaha, dan keterampilan. Yuk gabung dan tanya-jawab seputar karir, usaha, dan problema lainnya di girlwecan.com

Akan tetapi, jika Anda adalah seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja, jangan khawatir, karena masih ada kesempatan untuk diterima. Anda dapat menunjukkan kemampuan melalui kegiatan apa saja yang dulu pernah dikerjakan semasa kuliah, seperti pelatihan, seminar, maupun memenangkan perlombaan.

THR menjadi hak setiap karyawan dan akan dibayarkan 1 kali setiap tahunnya. Selain itu, sebagian besar perusahaan juga akan memberikan sejumlah bonus tahunan kepada karyawannya, bahkan bisa saja lebih dari 1 kali dalam setahun.

Pastikan bahwa perusahaan yang akan kamu masuki tidak memiliki masalah, terutama dalam hal hukum dan finansial. Perusahaan yang tidak sehat biasanya perkembangannya tidak jelas atau mengalami kemunduran. Hindari menandatangani kontrak kerja dan bergabung dengan perusahaan yang tidak sehat seperti ini. Hal ini bisa jadi mempengaruhi karier dan bahkan kehidupan personalmu di masa depan. Jka kamu menemui perusahaan seperti ini, lebih baik kamu mencari perusahaan lain yang lebih menjanjikan.

Setelah mengetahui beberapa hal tadi, kamu sekarang harus bisa memutuskan apakah kamu harus menandatangani kontrak kerja tersebut. Meskipun mendapatkan pekerjaan adalah sesuatu yang sulit, kamu tetap harus berhati-hati. Apabila kamu masih ragu-ragu, bisa jadi kontrak kerja yang ditawarkan masuk dalam kriteria kontrak kerja yang tidak layak untuk disetujui. Memang banyak perusahaan yang tidak menerapkan kebijakan yang baik dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Kontrak kerja dari perusahaan seperti itu harus berani kamu tolak demi kebaikan dan masa depanmu. Apa saja ciri-ciri kontrak kerja yang buruk? Berikut saya sajikan empat di antaranya.

Jadilah seorang pelamar yang bijak, yang jujur menjawab semua pertanyaan saat wawancara. Jangan mengada-ada jawaban karena saat Anda diterima dan ternyata tidak sesuai dengan Anda, tentu malah akan memberatkan Anda, bukan? Jadilah pekerja berdedikasi tinggi yang setia, serta dapat mempertanggungjawabkan apa yang Anda kerjakan.

Terlalu sering berganti-ganti pekerjaan tentu akan menjadi masalah besar bagi Anda saat melamar pekerjaan. Jika Anda tidak memberikan alasan yang masuk akal mengenai mengapa Anda pindah, besar kemungkinan perusahaan tersebut akan menolak karena dinilai tidak loyal terhadap perusahaan. Hal ini karena setiap perusahaan tentu menginginkan pekerja yang bisa bekerja dalam jangka waktu yang lama, bukan hanya sekedar bekerja di kurun waktu tertentu saja. Karena ini akan terlihat Anda tidak sungguh-sungguh dalam bekerja. Saat memberikan alasan, jangan sampai Anda menjelek-jelekkan tempat bekerja Anda sebelumnya. Hal tersebut tentu hanya akan membuat citra Anda buruk di mata pewawancara. (Baca Juga: Tips Menjawab 10 Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja) 5. Jangan Menunjukkan Antusiasme pada Gaji yang Diharapkan Banyak orang yang hanya mempertimbangkan besarnya gaji saja tanpa memikirkan seberapa berat sebuah pekerjaan. Atau lebih parah lagi tidak menyadari kapasitasnya untuk melakukan sebuah pekerjaan itu nantinya. Padahal, selain gaji, juga harus memperhatikan beban pekerjaan dan tunjangan-tunjangan yang disediakan. Jadi, gaji bukanlah satu-satunya yang harus Anda pertimbangkan dari pekerjaan baru nantinya. Bijaklah dalam Melamar Pekerjaan Jadilah seorang pelamar yang bijak, yang jujur menjawab semua pertanyaan saat wawancara. Jangan mengada-ada jawaban karena saat Anda diterima dan ternyata tidak sesuai dengan Anda, tentu malah akan memberatkan Anda, bukan? Jadilah pekerja berdedikasi tinggi yang setia, serta dapat mempertanggungjawabkan apa yang Anda kerjakan.

Surat lamaran pekerjaan itu mencerminkan karakter yang membuatnya. Bila kamu mengajukan pekerjaan dengan surat pekerjaan yang ditulis oleh orang lain, maka kemungkinan kamu dipanggil tidak akan besar. Oleh sebab itu, kamu wajib menulis surat lamaran pekerjaanmu sendiri.

Dalam hal berpakaian tentunya kamu juga harus menyesuaikan pakaian yang kamu kenakan dengan perusahaan atau posisi yang kamu lamar. Jika kamu melamar di perusahaan perbankan, pakaian formal seperti kemeja, dasi, celana bahan, dan sepatu pantofel adalah opsi pertama yang harus kamu pertimbangkan. Namun jika kamu melamar di perusahaan yang bergerak di industri kreatif, kamu bisa mengenakan pakaian yang lebih casual tetapi tentunya tetap harus rapi dan sopan ya. Selain penampilan, sikapmu selama proses wawancara mulai dari pada saat menunggu, saat proses wawancara berlangsung, hingga saat pulang, haruslah baik dan sopan. Tersenyum dan bersikap ramah kepada siapa saja yang berinteraksi denganmu di sepanjang waktu kamu berada di perusahaan tersebut tentu akan memberikan kesan positif.

Ketika kamu sudah mempelajari posisi pekerjaan yang akan dilamar, maka cantumkan itu dalam surat lamaranmu. Dengan mencantumkannya, perusahaan tempat kamu melamar akan langsung memeriksa curriculum vitae (CV) mu.

Apabila wawancara ini diibaratkan sebagai medan perang, maka CV, portfolio dan dokumen penunjang lainnya adalah amunisi yang harus kamu persiapkan sebelum berperang. Sekarang ini, membuat CV semenarik dan seinformatif mungkin akan menjadi nilai plus bagimu. Apalagi kalau kamu melamar untuk pekerjaan atau jurusan yang berkaitan dengan industri kreatif. Tentu CV-mu akan menjadi hal pertama yang akan dinilai. Selain dari segi tampilan, CV-mu juga harus menggambarkan kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki sejelas mungkin. Kemudian, portfolio dan dokumen penunjang lainnya, seperti sertifikat misalnya, juga tidak boleh lupa untuk dipersiapkan. Dua hal ini yang akan menjadi bukti dan semakin menguatkan informasi yang telah kamu tulis di CV.

Oleh sebab itu, menuliskan posisi pekerjaan yang akan dilamar sangat penting dalam surat lamaran pekerjaan. Tapi, sebelum itu, kamu harus benar-benar tahu posisi apa yang akan kamu lamar.

Ketepatan waktu saat datang ke wawancara juga memiliki peran penting loh. Datang tepat waktu akan menunjukkan karakter disiplin dalam diri kamu. Dalam urusan wawancara, ada baiknya jika kamu datang 15-20 menit sebelum jadwal wawancaramu. Waktu tersebut dapat kamu pergunakan untuk merapikan penampilan, menyiapkan CV dan bahan wawancara lain yang memang diperlukan, hingga menenangkan pikiranmu agar kamu tidak gugup saat wawancara.

Sebuah perusahaan, ketika membuka formasi lowongan pekerjaan pastinya serius, kecuali perusahaan itu perusahaan abal-abal. Kalau kamu menulis lamaran pekerjaan dengan bahasa yang tidak formal, tentu suratmu itu tidak akan dibaca atau bahkan kamu tidak akan dipanggil wawancara.

Biasanya pewawancara akan banyak menanyakan pengalaman kerjamu sebelumnya. Jika kamu belum memiliki pengalaman kerja, ia akan fokus menanyakan tentang kemampuan yang kamu miliki terkait dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar. Selain itu, pewawancara juga biasanya sering menanyakan rencana masa depanmu dalam beberapa tahun yang akan datang. Maksud dari pertanyaan ini bukan mengarah ke rencana masa depan personalmu, tetapi lebih kepada kontribusi apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan di waktu yang akan datang. Nah, sebaiknya sebelum wawancara, kamu persiapkan terlebih dahulu jawaban atas pertanyaan ini sehingga pada saat ditanyakan kamu bisa menjawab dengan percaya diri dan tidak kebingungan.

Namun, sebelum kamu benar-benar lepas dari dunia perkuliahan, ada baiknya untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia baru yang akan dijelajahi. Berikut Karja merangkum 5 poin penting yang harus dipersiapkan mahasiswa sebelum lulus kuliah.

Dari program tersebut, dapat membantumu untuk belajar, memahami, serta mendapat gambaran bagaimana kehidupan dan lingkungan pekerjaan di suatu perusahaan. Selain itu, selama proses magang, usahakanlah untuk selalu menunjukkan sisi terbaik dan kemampuan agar mendapat penilaian positif dari orang-orang di perusahaan tersebut. Karena bukan tidak mungkin kamu bisa mendapat tawaran untuk bekerja di perusahaan tempat kamu magang setelah lulus kuliah. Asyik, bukan?

Gunakanlah bahasa yang sama ketika menjawab pertanyaan, karena akan tidak sopan bila kamu menjawab pertanyaan dengan bahasayang berbeda dengan pewawancara. Misalnya pewawancara bertanya dengan bahasa Indonesia, kamu menjawabnya dengan bahasa Inggris begitupun sebaliknya.

Hal ini berlaku untuk setiap poin yang tertuang di dalam kontrak kerja Anda, terutama terkait dengan gaji (penghasilan) yang akan Anda dapatkan dari pihak perusahaan. Pastikan Anda mencermati hal ini dengan baik, agar kelak Anda mendapatkan hak Anda dengan sebagaimana mestinya.

Dengan menulis sendiri, kamu bisa memoles bagian-bagian yang dirasa penting untuk dibaca oleh bagian HRD di perusahaan kamu melamar. Lalu, menulis sendiri memberikan kepercayaan diri yang lebih ketimbang kamu hanya menggunakan tamplate yang berseliweran di internet.

Bila ingin menggunakan Bahasa Inggris, maka gunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar, begitu juga saat menggunakan Bahasa Indonesia. Penggunaan bahasa yang formal dan ditulis secara baik sesuai dengan tata bahasanya menjadi hal pertama dipertimbangkan oleh sebuah perusahaan saat menerima surat lamaran pekerjaanmu.

Melamar pekerjaan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih jika anda adalah seorang fresh graduate yang belum pernah melamar pekerjaan dimanapun. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar anda dapat diterima masuk kerja diperusahaan yang anda lamar. Ijazah, transkrip nilai dan sertifikat tidak serta merta membuat nilai anda menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan pelamar lain. Anda harus memiliki kemampuan yang membuat perusahaan tertarik untuk merekrut anda.

Mendengar kata brand, mungkin erat kaitannya dengan sebuah merek dari produk-produk besar. Sehingga istilah branding pun dikenal hanya diterapkan pada produk maupun jasa ternama. Namun, branding pun sebenarnya bisa dilakukan untuk individu atau perseorangan.

Selain itu, menulis surat lamaran pekerjaan sendiri menguji kemampuan berbahasa kamu. Ketika kamu menggunakan template surat lamaran di internet dengan bahasa yang bagus dan ternyata diterima, maka kamu akan mendapat beban untuk membuktikan bahwa kemampuan menulis kamu sama baiknya.

Selama kurang lebih 8 semester, kamu sudah mendapatkan berbagai teori-teori perkuliahan untuk bekal kamu dalam mendapatkan gelar sarjana dan terjun ke dunia kerja. Dengan teori-teori tersebut, diharapkan mampu membuat mahasiswa memahami dan menguasai betul terkait jurusan yang diambil.

4. Berilah Alasan Bijak Mengapa Anda Pindah dari Pekerjaan SebelumnyaPerbesarWawancara kerja atau interview adalah pintu untuk menuju ke pekerjaan impian Anda. Untuk itu, diperlukan persiapan agar interview berhasil.Terlalu sering berganti-ganti pekerjaan tentu akan menjadi masalah besar bagi Anda saat melamar pekerjaan. Jika Anda tidak memberikan alasan yang masuk akal mengenai mengapa Anda pindah, besar kemungkinan perusahaan tersebut akan menolak karena dinilai tidak loyal terhadap perusahaan. Hal ini karena setiap perusahaan tentu menginginkan pekerja yang bisa bekerja dalam jangka waktu yang lama, bukan hanya sekedar bekerja di kurun waktu tertentu saja. Karena ini akan terlihat Anda tidak sungguh-sungguh dalam bekerja. Saat memberikan alasan, jangan sampai Anda menjelek-jelekkan tempat bekerja Anda sebelumnya. Hal tersebut tentu hanya akan membuat citra Anda buruk di mata pewawancara. (Baca Juga: Tips Menjawab 10 Pertanyaan Jebakan saat Interview Kerja) 5. Jangan Menunjukkan Antusiasme pada Gaji yang Diharapkan Banyak orang yang hanya mempertimbangkan besarnya gaji saja tanpa memikirkan seberapa berat sebuah pekerjaan. Atau lebih parah lagi tidak menyadari kapasitasnya untuk melakukan sebuah pekerjaan itu nantinya. Padahal, selain gaji, juga harus memperhatikan beban pekerjaan dan tunjangan-tunjangan yang disediakan. Jadi, gaji bukanlah satu-satunya yang harus Anda pertimbangkan dari pekerjaan baru nantinya. Bijaklah dalam Melamar Pekerjaan Jadilah seorang pelamar yang bijak, yang jujur menjawab semua pertanyaan saat wawancara. Jangan mengada-ada jawaban karena saat Anda diterima dan ternyata tidak sesuai dengan Anda, tentu malah akan memberatkan Anda, bukan? Jadilah pekerja berdedikasi tinggi yang setia, serta dapat mempertanggungjawabkan apa yang Anda kerjakan.

Memperbaiki dan mengedit CV secara berkala merupakan hal yang cukup penting guna menarik perhatian para HRD. Terlebih jika profesi yang kamu inginkan berbeda jauh dari profesi yang kamu jalani saat ini. Selain itu, meski bidang yang kamu pilih tak berhubungan dengan dunia desain, tapi mempercantik penampilan CV-mu bisa jadi nilai plus juga, lho. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan template CV yang tersedia di internet. 5. Mengupdate halaman profil LinkedIn via freepik.com

Jujurlah dengan kemampuanmu. Kalau kemampuan Bahasa Inggrismu tidak terlalu baik, cukup terangkan dalam surat lamaran kalau level bahasa Inggrismu masih dalam taraf baik, belum sempurna.

Wawancara atau interview baik pada saat melamar kerja, mendaftar beasiswa, atau mendaftar masuk kuliah merupakan tahap yang penting. Namun tahap ini cukup menegangkan dan tidaklah mudah bagi sebagian besar orang.

LihatTutupKomentar