-->

Kebun buah Mangunan Yogyakarta : Travel tips dan Biaya.

Bulan ini aku memang merencanakan untuk ambil cuti liburan sebelum Jakarta Fashion Week. Tadinya aku memilih ke ubud, bali dan ingin liburan sendirian. Lantaran tidak diizinkan, akhirnya aku minta adikku untuk ikut liburan. Ternyata adik dan teman2nya sudah punya planing ke jogja dan malang bulan ini. Mereka mengajakku ikut yeay.

Kebetulan teman adikku dapat tiket promo dari traveloka, dari Bandung menuju jogja kami menggunakan kereta eksekutif dengan tarif 149.000an. Murah banget ya ! enak kalau jalan sama anak kuliahan, semua serba murmer yang mereka cari. hahaha. Berangkat dari bandung pukul 15.45 dan sampai di Jogja pukul 0.00 tengah malam. Sesampainya di jogja di jemput oleh teman-teman adikku menggunakan motor, yang laki-laki menginap di kontrakan teman adikku. Sementara aku dan teman perempuannya menginap di nirvana inn di jalan jembatan merah, dengan tarif 190.000/malam. Lagi-lagi ini dicari oleh teman-teman adikku, murah meriah. Aku terharu, hahaha.

Rasanya sudah lama aku nggak review liburanku, karna memang jarang liburan.hahaha
nah kali ini aku akan me-review beberapa lokasi wisata yang aku datangi. Untuk pertama ini aku akan membahas kebun buah mangunan di jogja.

Kebun buah mangunan ini di rekomendasikan oleh beberapa orang yang pernah liburan ke jogja. Jadinya penasaran. Awalnya aku kira itu kebun buah aja. Rupanya nggak.
lokasinya sendiri berada di kabupaten bantul jogja. Adik dan teman-temannya berencana untuk mencari sunrise disana karna memang kebun buah mangunan ini dijuluki negeri di atas awan. Namun, gagal melihat sunrise karna beberapa kejadian yang menimpa kendaraan teman adikku. Akhirnya kami baru benar-benar bisa jalan sekitar pukul 6 pagi.

Butuh waktu sekitar 1jam lebih menuju ke kebun buah mangunan. Tapi karena berangkat sangat pagi, jalanan jogja masih sepi sehingga bebas hambatan. memasuki kabupaten bantul dan lokasi menuju kebun buah mangunan, jalanan mulai menanjak dan udara menjadi cukup dingin dari sebelumnya.
pemandangan kiri dan kanan penuh dengan pepohonan dan tebing-tebing dengan view yang menyegarkan mata.
semakin lama jalanan semakin menanjak, dan aku sadar kami semakin berada di dataran tinggi. view yang disuguhkan semakin terlihat menarik. Udara pagi masih segar dan dingin. Mungkin karena musim kemarau, warna view yang aku dapatkan adalah hijau dan kecoklatan, pada dasarnya menurutku yogyakarta seperti jambi, sangat panas. Namun karena di dataran tinggi, angin semilirnya membuat nyaman.

Akhirnya sampailah kami di Kebun buah mangunan, biaya masuknya Rp.6000 per orang. Dari parkiran motor sedikit berjalan menanjak ke atas. Kemudian kita bisa melihat beberapa warung yang menjual makanan di sebelah kiri dan tulisan kebun buah mangunan dengan view pemandangan hijau di sebrangnya.

Melewati warung, disambut oleh beberapa anak tangga dan gazebo-gazebo di kiri kanan. Rupanya inilah spot utama si Kebun buah Mangunan ini. Beberapa pengunjung sudah bersantai di gazebo. Matahari masih sedikit naik, tidak terlalu panas ditambah udara masih dingin. Pohon-pohon yang daunnya gugur serta menguning menampilkan bayangan cabang-cabang ranting di tanah. Menambah estetika Kebun Buah Mangunan ini sendiri. Aku melangkah perlahan kebawah sambil melihat kiri kanan. Semakin kebawah mulai tampak beberapa pengunjung yang berfoto, berdiri di depan pagar pembatas dengan view bukit-bukit yang berbaris membentang luas dari ujung ke ujung. Aku terdiam dan bersyukur sesaat. Ini spot utamanya ! teriakku dalam hati.
Aku suka ke dataran tinggi di bandung untuk melihat landscape seperti ini. Tapi kebun buah mangunan ini aku rasa yang terluas yang pernah aku lihat.

Dari sini aku bisa melihat susunan bukit yang membentang luas. Barisan bukitnya sangat luas dan berbaris dari ujung ke ujung, seperti tanpa batas. Dari bukit paling depan, aku bisa melihat bukit lainnya di belakang, sedikit tertutupi kabut karena masih pagi. Beberapa tebing dengan dinding bebatuan terlihat dari atas sini. Matahari yang muncul sedikit memberikan efek kilau keemasan dibeberapa bagian bukit, dan gelap di bagian lainnya. Ketika aku berjalan semakin kebawah,aku  memilih melewati bongkahan tanah bebatuan di sebelah tangga, aku berjalan mendekati pagar pembatas. Saat melihat kebawah aku kembali berdecak kagum. Ada pemandangan jalan raya dan lintasan sungai berwarna biru kehijauan di bawah sana serta sedikit pasir putih di pinggirannya.
lintasan sungai ini memanjang hingga ke belokkan bukit. Sehingga sisa-sisa warnanya tenggelam oleh bukit hijau.

Seperti biasa, sebelum mulai foto-foto, aku terlebih dahulu mengambil waktu untuk menikmati pemandangannya. Melihat keseluruhan view dan bersyukur atas nikmat yang masih diberikan oleh allah. Cukup lama aku berdiri dibalik pagar pembatas, menyapu seluruh pandanganku dari ujung ke ujung, seperti tidak mau melewatkan satu moment pun.

Setelah mengambil beberapa foto, jam menunjukkan pukul 7.30, aku naik keatas dan duduk di gazebo. Beberapa teman adikku yang memang kuliah di jogja memilih tidur di gazebo, beberapa lagi memesan makanan. Gazebo yang kami pilih merupakan spot terbaik menurutku. Di Sisi kanan kebun buah mangunan ini juga terdapat spot lain, yang susunan anak tangganya lebih rapih dan tertata. Dari situ pun kita bisa melihat barisan bukit yang lain.

Untuk makanan di sini bervariasi, yang dijual seperti bakso bakar, sosis bakar, padahal aku menanti cireng atau pisang goreng. hahaha.
aku memilih makanan berat, nasi dan ayam goreng, karena yang namanya liburan butuh energi ekstra juga jadi nggak boleh lupa makan. Harga untuk seporsi nasi dan ayam goreng adalah 10.000. untuk bakso bakar dan sosis aku rada lupa karna adikku yang membelikan untuk dimakan ramai-ramai.

sekitar pukul 9.00 aku dan anak-anak pulang, mau beristirahat dan menuju lokasi selanjutnya. nanti akan ku review juga ya ! mungkin yang akan aku review hanya beberapa lokasi yang aku rekomendasikan.

Berikut tips dariku untuk liburan ke Kebun Buah Mangunan :

1. Bawa jaket/ sweater jika berangkat dari subuh.
2. Jika ingin melihat sunrise berangkat dari pukul 4 pagi.
3. bawa kacamata kemanapun destinasi liburan kalian untuk menghalau sinar uv.
4. gunakan sepatu yang nyaman, karena disini tanahnya sedikit berbukit dan berbatu, jadi jangan gunakan sepatu dengan heels ya
5. Berikan waktu untuk menikmati view dan berfoto, jangan menghabiskan waktu liburan dengan berfoto sebanyak-banyaknya sehingga mengurangi value dari liburan kalian. ambil foto secukupnya dan sisanya nikmati view.
6. Cek traveloka untuk lihat harga tiket sebelum kalian berangkat ke jogja
7. tempati gazebo d area paling bawah, karena viewnya sangat bagus, dan biar nggak di tempati orang duluan hehehe, sehingga bisa menjadi lokasi kalian dan teman-teman untuk makan dan santai disana.
8. Beberapa pengunjung berfoto di atas pagar pembatas, sementara sudah ada peraturan yang melarang melakukan itu. Berhati-hati saat mengambil foto, dari depan pagar pembatas saja sebenarnya sudah mendapatkan view yang bagus, mintalah teman mengambil dari tangga atas agar kalian mendapatkan seluruh viewnya seperti beberapa foto aku di atas.

Biaya :
1. kereta eksekutif bandung - jogjakarta = 149.000 (tidak memesan PP karena langsung ke kota lain)
2. penginapan = 190.000 / malam
3. bensin sepeda motor = 20.000
4. tiket kebun buah mangunan = 6.000
5. makan dan minum di lokasi = 20.000
6. Bensin motor = 20.000

NOTE : Semua foto dan tulisan di blog ini adalah milik pribadi. Dilarang untuk mengcopy atau post ulang tanpa izin. Jika ingin re-post kalian bisa email aku di indahmeitasari9@gmail.com dan sertakan link blog ku ya