-->

Jadi korban Prank Youtuber??



postingan terakhir 4 Bulan lalu..emang dasar anaknya nggak konsisten. Kebetulan beberapa hari ini aku dilanda flu dan batuk. Ini habis minum obat dan menunggu obat bekerja berujung ngantuk. Akhirnya aku memutuskan untuk menulis uneg-uneg sebentar ya :)

Tulisan ini berawal dari ketika ada anak laki laki, remaja menuju dewasa yang menjadikan aku objek prank nya.Prank yang lagi hits tentunya. Ceritanya waktu itu aku disalah satu mall dan nunggu temanku di lantai 1, mall sudah mau tutup dan hp ku lowbat, jadi aku berdiri sambil menunggu. Dari jauh aku udah lihat nih, laki-laki yang lagi ngomong didepan kameranya sambil turun dari eskalator. Lalu aku bergumam “pede banget nih orang”
gitu kira-kira..

selang beberapa menit tiba-tiba dia  samperin aku dan mengarahkan kameranya kedepan wajahku  dan  kemudian dia mulai ngoceh mengeluarkan rayuan gombal nggak jelas.
Aku kaget dan bingung. sekitar 5 menit dia sibuk ngajak aku berinteraksi namun aku mencoba menghindar, tentunya dengan sopan.
sampai akhirnya aku bilang aku nggak nyaman, akhirnya dia minta maaf.
aku menerima maaf dia dengan syarat video itu jangan di post.
 Dan dia Mengiyakan.

Selang beberapa hari aku cerita ke temanku dan teman-temanku iseng cek youtube. Nggak tau gimana caranya...dia menemukan video itu...

daaan JENG JENG JENG JEEEENG !!  ADA MUKA KU !! kamu telah melanggar janjimu rhoma !!



Aku mencoba tenang dan menyikapi ini dengan bijak , toh dia nggak merugikan aku kecualiiii dengan dia nggak meng-indahkan pernyataanku soal jangan post video tersebut. Dan viewers dia belum banyak..jadi yaah..masih aku kasih toleransi. Kali ini aku nggak ambil serius soal ini namun aku jadikan pelajaran buat ku nanti. Mungkin nanti kalau ketemu yang beginian lagi (karna mungkin melihat tubuh mungil ini aku dikira masih bocah) aku bakalan kasih KULTUM (kuliah tujuh menit) hehehe..

Namun, disini ada beberapa hal yang harus aku tanggapi sebagai pengguna socmed, netizen, dan pengamat perilaku pengguna social media (elah !).

1. Bahwa seharusnya, para youtubers meminta izin kepada orang yang dia liput sebelum meng-upload video tersebut. aku coba cari UU yang mengatur tentang hal itu namun yang ketemu malah UU hak cipta. okelah..

2. Nggak semua orang nyaman menjadi target prank, atau bersedia di tonton oleh viewers kalian, okelah untungnya ni orang viewersnya masih ratusan..masih..

3. meskipun aku gak nemu UU nya tapi menurutku ini etika dalam membuat content. Aku juga sedikit banyak bersentuhan erat dengan content creator. Dan menurutku hal tersebut  sangat harus dilakukan saat kalian memutuskan untuk menjadi youtubers. Content yang kalian buat melibatkan beberapa orang, demi viewers, likes dan subscribers jadi harusnya kalian menghargai hak dari orang tersebut bersedia atau tidak videonya di publish.

4. Ingin terkenal dengan menjadi youtubers menurutku bukan hal yang salah, namun tanggung jawab yang diemban juga berat. Ingat, youtubers itu bukan cuma bikin content yang lagi booming saat ini, posting dan menunggu viewers nya nambah terus. Tapi ada tanggung jawab didalamnya..Bagaimana content yang kalian post memberikan manfaat dan nggak merugikan orang lain.

Nah, mudah-mudahan calon-calon youtubers bisa lebih bijak dalam menbuat content dan menjaga hak dari orang-orang yang dia libatkan dalam content tersebut.
lalu apa yang akan aku lakukan pada orang ini?

mungkin nanti aku akan email dia, buat memberikan pandanganku terhadap hak-hak dari publik untuk tidak seenaknya di publish demi keuntungan youtubers. ;)


salam !
LihatTutupKomentar