-->

Bekerja di Fashion Industry

Hai !
semenjak aku
bekerja di fashion industry dengan salah satu brand modest wear, aku sering menerima DM atau chat yang menanyakan perihal bagaimana agar bisa bekerja di fashion industry. Rata-rata yang bertanya memiliki background diluar fashion.

Pertanyaan yang sama juga pernah aku ajukan kepada diri sendiri saat kuliah dulu, aku kuliah di bidang ilmu komunikasi-public relations. Rasanya tidak mungkin bisa bekerja dengan designer-designer yang aku idolakan dulu.

berdasarkan pengalaman, aku tulis blog ini untuk menjawab pertanyaan siapapun yang memiliki keinginan untuk bekerja di fashion industry. Faktanya, fashion industry bukan hanya milik fashion designer ! lalu, apa yang bisa kita lakukan ?


1. PASSION
Pernah dengar kalimat, do what you love and love what you do ? yap ! ketika kamu bekerja karna itu adalah hal yang kamu suka, rasanya everything will be fine meskipun sesulit apapun. Ketika kamu ingin bekerja di fashion industry, pastikan bahwa passionmu benar-benar dibidang ini. Karna nyatanya fashion industry tidak melulu tentang fun dan lifestyle.

2. MAGANG
Rata-rata yang bekerja di fashion industry memang memiliki ketertarikan besar dibidang ini ataupun memiliki cita-cita untuk membuka brand sendiri. Jadi, kalian bisa mulai dengan magang. Tapi percayalah, magang 1 bulan tidak akan berdampak untuk kamu karna di fashion industry semua berjalan dengan sangat cepat. Saranku minimal 3 - 4 bulan merupakan waktu yang ideal untuk magang. Selain itu, magang pada season tertentu misalnya 2 bulan sebelum hari raya besar keagamaan seperti idul fitri atau natal serta ajang Indonesia fashion week atau Jakarta fashion week bisa menjadi season paling tepat. Kenapa ? karna pada season itu, team fashion memiliki timeline yang sangat padat dan kamu akan mendapatkan banyak pengalaman disana :)

3. FROM ZERO TO BE SOMETHING
Ingat, kesuksesan itu nggak instant. Yang instant itu hanya mie instant :) . Jangan gengsi untuk memulai karir dari bawah. Karena ketika kalian memulai dari 0 hingga kalian mencapai posisi di atas, kalian akan lebih menghargai karir, kerja keras dan orang lain. Selain itu, kamu akan belajar banyak hal. menurutku, definisi sukses itu bukan hanya berapa uang yang kamu dapatkan, tapi seberapa bahagia kamu bisa mencapai apa yang kamu inginkan.

4. WORKSHOP/SEMINAR
prinsipku, belajar bisa dari manapun. dulu semasa kuliah aku mengikuti workshop fashion. Dan saat aku melamar bekerja di brand, hal itu bisa menambah ketertarikan hrd saat melihat latar belakang yang aku punya dan pengalaman yang pernah aku jalani. Jangan gunakan socmed untuk stalking mantan atau online shop terus ;p coba follow beberapa sekolah fashion dan event-event fashion di Indonesia, atau juga designer-designer favorite kalian. Biasanya akan ada informasi workshop dan seminar yang mereka adakan. Kamu bisa ikuti untuk menambah wawasan, teman dan juga menambah keterangan di CV mu !

5. SEND YOUR CV
Seperti sebelumnya yang aku bilang, bahwa Fashion industry bukan hanya milik fashion designer. Jika kalian memiliki latar belakang finance, business, communication, psikologi, management, marketing dan lainnya, kalian juga bisa masuk ke bidang ini. Karena ketika kalian membicarakan sebuah brand, didalamnya akan ada team marketing, PR, finance, dll. Selain itu fotografer, stylist, videografer, socmed specialist, make up artist, buyers juga merupakan karir yang bersentuhan dengan fashion industry. So, what are you waiting for ? go send your CV now !
LihatTutupKomentar