-->

Hewan Memiliki Telur paling aneh di dunia

Hewan yang Memiliki “Telur paling aneh di dunia“

1. Hiu Hantu/ Ghost Shark

telur hiu, telur ikan hiu paling aneh di dunia
Telur Ghost Shark – via : projectnoah.org

Nama hewan ini sudah begitu aneh, ditambah lagi dengan telurnya yang lebih aneh. Telurnya memiliki kantong kedap air yang kuat. Kasing tersebut mampu melindungi bayi hiu dari ancaman pemangsa/predator, apalagi ketika induknya pergi berenang. Bentuknya mitip gelendong, sehingga bisa terselip di antara bebatuan atau pasir. Bentuk tersebut juga efektif mencegah telur mengambang.

BACA :  CARA TAMBAH INCOME DARI HP MU, klik JADI MITRA FUSE

2. Sayap Jala Hijau/ Green Lacewing
telur lucu dan unik
via : wikimedia.org

Sekilas, telur hewan ini tampak seperti spesies tanaman. Padahal induknya memang sengaja menggantungkan telur dari seutas sutera, dengan tujuan untuk melindungi mereka. Telur-telur itu terletak secara terpisah agar tidak terjadi kanibalisme sesama saudara kandung larva. Biasanya induk akan menaruh telurnya di dekat seumber makanan. Dengan demikian, setelah larva menetas, mereka akan mudah mengisi energi.

Sejak lahir, larva Sayap Jala Hijau langsung ganas. Mereka akan menyerang apa pun yang hidup. Begitu lahir, mereka bisa memuncratkan cairan pencernaan dan mencairkan kutu hanya dalam waktu 1 menit setengah. Namun biasanya keberadaan mereka tidak membahayakan manusia.

3. Hiu Tanduk/ Horn Shark

telur aneh di dunia, telur ikan unik
Telur Hiu Tanduk/ Horn Shark – via : pistonclasico.com

Dulu para ilmuwan mengira telur hiu tanduk sebagai spesies tanaman. Bentuknya memang aneh dan di luar sangkaan. Rupanya bentuk tersebut sangat berguna bagi generasi penerus hiu tanduk. Telur-telur mereka akan menempel pada bebatuan. Selain terhindar dari pemangsa, trik tersebut berguna untuk melindungi terjangan arus laut. Setelah 6-10 bulan, telur akan menetas sendiri. Bayi hiu ini akan langsung hidup mandiri.

Baca Juga:  10 Contoh Hewan yang Suka Melompat, Paling Tinggi di Dunia!

4. Belalang Sembah/ Belalang Sentadu/ Praying Mantis

telur hewan unik, telur hewan aneh, telur binatang yang aneh, telur belalang sembah, telur congcorang
via : gabrielbull.club

Nama ‘praying’ diambil, sebab belalang ini tampak seperti sedang berdoa. Sedangkan ‘mantis’ berasal dari bahasa Yunani, yakni ‘Mantes’ yang berarti peramal nasib atau nabi. Belalang predator ini memiliki telur aneh berbentuk kepompong. Telur berbentuk cokelat berbusa ini biasanya terdapat pada ranting, semak, dan kebun.

Induk belalang sembah akan menggunakan kelenjar aksesori di dalam perutnya, sehingga bisa menutup telurnya sampai berbusa dan mengeras. Tujuannya untuk melindungi anak-anak mereka dari predator dan mengisolasi diri dari hawa dingin. Begitu nimfanya menetas, mereka masih betah di dalam kasing. Sehingga perlu waktu 3-6 bulan untuk benar-benar ke luar dari zona nyaman.

5. Kuda Laut/ Seahorse

telur kuda laut dibuahi di dalam
Telur kuda laut – via : twitter.com

Salah-satu fakta aneh tentang kuda laut, yaitu tugas untuk bertelur dan melahirkan adalah sang jantan. Namun tidak banyak yang tahu, kalau telur-telur kuda laut terkemas dengan aman di dalam bentuk yang aneh. Bentuknya mirip seperti kelereng, namun kesannya lebih horor. Warna telurnya merah.

Kuda laut jantan memiliki kantong khusus pada perutnya, yang mereka gunakan untuk menyimpan telur selama 9-45 hari. Ukuran telur sangat kecil. Jumlahnya sekitar 100-1000. Namun telur yang bertahan dan hidup di lautan hanya sedikit.

6. Keong

telur keong mas, telur keong sawah, gambar telur keong, jumlah telur keong mas, tipe telur keong
Telur keong mas sawah – via : wikimedia.org

Telur yang satu ini tampaknya tidak begitu asing. Warnanya pink. Namun faktanya, sesaat setelah di keluarkan, telur-telur itu tidak berwarna. Mereka juga memiliki cangkang, namun cangkang tersebut masih licin, halus, dan mudah pecah. Namun lama-lama, kulit telur mengeras dan warnanya juga jadi berubah. Bisa jadi pink, putih, atau putih pinkish.

Telur tersebut biasanya menetas dua-empat minggu kemudian. Hanya beberapa saja yang selamat dari predator. Telur siput ini dikenal juga sebagai ‘caviar siput’. Bahkan beberapa restoran menjadikannya sebagai salah-satu bahan makanan.

7. Kepik/ Serangga Bau/ Stinkbug

telur serangga berbaris, bentuk telur serangga, jenis telur serangga, macam telur serangga, macam macam telur serangga, ciri ciri telur serangga
Telur Stinkbug serangga yang bau – via : springfieldmn.blogspot.com

Saking anehnya, telur-telur ini tampak seperti ranjau bawah laut yang disimpan pada dedaunan.

Telur-telur ini sendiri biasanya ditemukan di sekitar taman. Serangga ini sendiri tidak suka menggigit manusia.

Namun sesuai namanya, mereka dianggap mengganggu dan menyebalkan sebab bisa menebarkan bau busuk yang menyengat. Mungkin anda memerlukan penyedot debu untuk mengusirnya secara tuntas.
LihatTutupKomentar