-->

Mengunjungi Korea Musim Dingin (TIPS MEMILIH OUTFIT)




Assalamualaikum...

Aku percaya kalau rejeki itu nggak melulu tentang materi, kesempatan mengunjungi negara baru tanpa perlu mengeluarkan budget juga rejeki hehe. Alhamdulillah awal tahun 2019 ini aku dapat kesempatan mengunjungi negara baru, KOREA. Business trip sebenarnya, tapi sekalian lah..

Seru nya, kebetulan Korea lagi masa penghabisan winter season. Jadi suhunya masih berkisar dibawah 10 derajat celcius. Excited sih karena ada 2 season yang pengen banget aku rasain, winter sama autumn. Meskipun udah nggak ada salju, tapi lumayan lah ya ngerasain suhu 0 derajat.

Pengalaman tahun 2018 waktu ke Melbourne, dimana suhunya belasan derajat dan aku belum tau nih mengenai heattech dan kawan-kawan, sehingga aku pake baju tumpuk tumpuk tapi masih kedinginan. Maka kali ini aku melakukan research lebih mendetail. Pakaian apa sih yang harus aku bawa ke Korea ini karena aku males ribet jadi aku nggak mau bawa banyak pakaian. 

Selama 9 hari di korea aku total bawa 2 coat, 1 sweater, 2 outer yang bisa dialih fungsikan jadi atasan, 1 mini dress, 1 set longjohn dan 2 heattech serta 2 celana. Simple tapi bagian terpenting adalah semua bisa di mix and match.

Buat teman-teman yang ada plan ke luar negeri dimusim dingin nih, trus bingung bawa baju apa, aku bantu jabarin yaah..

1. CHECK ACCUWEATHER
Sebelum memulai, ada baiknya check accuweather di negara yang akan kamu kunjungi untuk cari tau disana suhu nya kisaran berapa derajat. Demi keberlangsungan hidup ya..apalagi yang nggak kuat dingin kayak aku.
bisa check disini https://www.accuweather.com/en/id/indonesia-weather  , tinggal ketik negara tujuan dan check tanggal selama ada disana.

2. LONGJOHN


pic from google



















Longjohn adalah pakaian dalam kayak manset dan legging. Fungsinya menahan suhu dingin ke tubuh. Bisa beli di online atau store-store yang menjual perlengkapan musim dingin. Longjhon itu tipis tapi memang bahannya didesign untuk musim dingin. Ini bisa dipakai sebelum kalian menggunakan luaran atau sweater.
untuk 1 minggu perjalanan bawa 1 set longjohn aja cukup menurutku.


3. HEATTECH 


pic from google




















Heattech ini aku tau nya dari brand Uniqlo, karena aku memang suka beli inner baju di uniqlo aku nggak sadar kalau salah satu inner yang aku beli adalah heattech. Kalau aku pakai untuk aktifitas diluar saat panas, maka tersiksalah adinda. Nah jadi di Uniqlo ini punya macam-macam jenis heattech, ada heattech, ultra warm heattech dan extra warm heattech.
Fungsi nya pun berbeda-beda. Untuk meminimalisir pengeluaran dan mempertimbangkan apa yang sudah aku beli which is si longjohn, maka aku beli extra warm heattech. Bahannya tipis seperti inner kebanyakan dengan teknologi bahan khusus tentunya, karena inner jadi dia ngepas di badan. Tapi fungsinya kembali untuk menahan suhu dingin masuk kedalam tubuh. Aku sudah punya heattech biasa 1 warna maroon dan ultrawarm heattech aku beli warna biru telur asin. Ini strategi ya...
wkkwkwkwk

3. SWEATER
pic from google




















Sweater ini opsi ya menurutku, jadi nggak perlu bawa banyak karena coat nanti udah tebal, dan sweater sendiri udah tebal. Aku pilih satu sweater berbahan 100% acrylic berwarna abu mendekati biru. Hanya bawa 1 tapi 100% acrylic bahannya.


4. COAT
pic from google
pic from google

Nah ini nih yang paling penting, saat memilih coat atau baju lain yang kalian akan pakai, bukan tebalnya yang hanya kita liat tapi detail bahan. Biasanya di bagian dalam coat ada informasi detail bahan. Aku personal mencari coat yang bahannya wool/acrylic/polyester/ shell serta ada juga nih jaket tebal yan fillingnya bulu angsa. Biasanya di coat tertera detail bahan misalnya 80% wool, 20% polyester. Jangan pilih outer-outer tebal tapi bahannya cotton, percuma pemirsa..

Aku bawa 1 coat yang OOTD-able dan 1 lagi jaket yang bentuknya kayak roti sobek, nggak kece sih tapi dia fill bulu angsa dan anti angin serta anti salju. Ini jaga-jaga jika suhu tiba-tiba extreme dan aku yang belum pernah tau rasa nya kayak apa bisa jaga-jaga dengan jaket fill bulu angsa ini. Kadang, yang bikin kita nggak kuat itu bukan suhu nya tapi anginnya. Jadi pertimbangkan juga bawa coat yang anti angin dan salju.


pic from google


pic from google





5. KAUS KAKI HEATTECH.

pic from google

Ini juga ada di Uniqlo, kebetulan uniqlo lagi end season jadi semua koleksi winternya discount. Aku beli kaus kaki heattech 2 pasang cuma 100 ribuan. Kaus kaki ini panjangnya hingga lutut, jadi selain legging, dibagian dalam tetap di amankan sama si kaus kaki ini.

6. CELANA HEATTECH

Kebetulan aku nggak beli ini karena sudah ada longjohn, tapi celana heattech serta anti angin ternyata juga perlu. Kemarin saat aku di Korea, bagian atasku hangat tapi bagian kaki aku kedinginan karena cuma pakai celana biasa.

7. SHAWL
Ini gak kalah penting, aku beli shawl rajut dan ini bantu banget ngelindungin leher dan dada dari angin yang dingin.


ATURAN PAKAI

Udah kayak obat ya pake aturan pakai. Tapi beneran ini penting, buat aku loh ya karena buta banget sama outfit musim dingin.

Jadi ilmu tumpuk menumpuk outfit tidak akan berguna jika bahan pakaian yang kamu pilih nggak mumpuni. Jadi kalau bahannya udah cocok untuk musim dingin seperti yang aku info sebelumnya, kalian bisa cuma pakai 3 lapis tanpa takut berat di outfit hehehe.

A. LAPISAN PERTAMA
Lapisan pertama yang harus dipakai adalah Longjohn. 1 set longjohn (atasan + legging ) berbahan tipis. Sebelum pakai legging bisa pakai kaus kaki heattech selutut, ini opsional. Kebetulan saat di Korea kemarin kaus kaki ku ketinggalan di Indonesia. Meskipun sudah pake legging, aku tetap kedinginan saat suhu 2 derajat. Karena aku cuma pakai legging longjohn 1 lapis dan celana bahan katun tok. Terutama ketika anginnya berhembus ya, giling jalan pun rasanya nggak sanggup chuy.

B. LAPISAN KEDUA

Selanjutnya lapisan kedua ku adalah extra heattech. Jadi sebelum suhu dingin ketubuh di block sama longjohn, dia udah di block duluan sama heattech. Gitu loh sis maksudnya , kenapa di musim dingin kita harus pake baju berlapis dengan bahan yang tepat. Karena biar di blokade blokade gitu loh gimana sih aku jelasinnya wes ribet.

C. LAPISAN KETIGA

Nah ini mulai opsional sih menurutku, bisa dikira-kira sama kemampuan tubuh kamu tahan dingin dengan suhu yang ada. Misalnya ada yang lapisan ketiga langsung coat, ada yang lapisan ketiga ini pake sweater dulu.
Aku pribadi lapisan ketiga ini pake sweater atau heattech biasa lagi, kebetulan heattech biasaku size M jadi lebih longgar. Kenapa ?? soalnya aku kadang jalan sampai malam, dan kita nggak tau malam itu nanti suhu nya gimana dan kita kuat apa nggak. Aku lebih memilih jaga-jaga daripada repot.

D. LAPISAN KEEMPAT

Lapisan keempat baru coat, buatku loh ya. Sekali lagi masing-masing tubuh punya ketahanan sendiri terhadap suhu tubuh. Rajin-rajin cek accuweather, pastiin anginnya gimana. Jadi nggak salah pake baju.

Sedikit cerita nih, waktu itu aku dan rekanku mendadak mau ke Han River, salah satu sungai terkenal di Korea. Karna sebelumnya nggak ada plan pergi sampai malam, hari itu aku pakai outer yang ada campuran katun, dan temenku pakai jaket kulit.
Sampai disana kita nggak kuat jalan karna anginnya bikin menggigil, kayak es. Jalan aja tertatih-tatih kayak bawa barang berkilo-kilo. Nyari hot pack nggak ada dijual di salah satu minimarket disana. Akhirnya langsung pulang.

Jadi lebih baik memang memakai pakaian yang disesuaikan sama aktifitas dan kekuatan kita menahan dingin.

E. STRATEGI.

Nah, ini yang paling seru. Karena kita ini perempuan kebanyakan adalah budak OOTD, maka kadang beberapa orang ribet bawa berpotong-potong baju sementara nggak jelas manfaatnya.
Dari list yang aku kasih tadi, aku punya heattech 2 warna yang berbeda jadi aku bisa pakai bergantian lapisannya sesuai warna yang aku mau pakai tanpa mengurangi fungsi si pakaian tadi.
Selanjutnya untuk coat aku pilih warna yang gampang di mix and match seperti hitam jadi mau dalamnya di ganti warna apapun tetap cocok.
Sehingga pas jalan-jalan bisa diakalin ootd outfitnya :)

Buat teman-teman yang ada plan mau keluar negeri dan menghadapi musim dingin, semoga informasi ini bermanfaat. Tapi kalau untuk winter yang bersalju, aku rasa metode hampir sama, tapi mungkin untuk Jaket lebih ke jaket roti sobek yaa..fill bulu angsa. The Best karena ringan dan hangat.

Berikut contoh outfit yang aku pakai selama di Korea. Semoga bisa bermanfaat yaaa !!

























LihatTutupKomentar