-->

Behind The scene Fashion show !

(Jenahara Black label for Jakarta Fashion Week)

Hollaa !!
Duh, nulis itu hobby, tapi suliit banget punya waktu yang tepat buat nulis dan sinkron dengan mood yang baik.

Oke, baiklaah..
kali ini aku mau cerita mengenai pengalaman ku pertama kali di balik layar saat fashion show. Lucu dan seruuu banget ! Biasanya aku selalu duduk didepan panggung, bertemu para pecinta fashion yang lain. Tapi kemarin, tepatnya di acara Indonesia Fashion Week kemarin (udah lama yak hahaha) aku berkesempatan "AKHIRNYA" nyobain jadi stylist.
1 Tahun yang lalu, aku pernah ngomong sama rekan kerjaku kalo aku pengen banget ngerasain jadi stylist, penasaran apa yang terjadi di backstage sana. And then she said ' udah ndaah, lo udah paling cocok duduk depan disini, nonton fashion show, lo nggak akan mau dibelakang..riweeeh'
makin penasaran kan...hahahaha..

Then finally, kemarin...ketika tiba-tiba kita harus show (ceritanya panjang banget) tapi justru karena itu aku bisa langsung ketemu sama Ivan Gunawan, ngobrolin bareng masalah fashion show ku. seru deh ... :)

Singkat cerita, show akan dilaksanakan setengah jam lagi, stylist kita nggak ada di tempat karena sudah ada kerjaan lain. Akhirnya, mau nggak mau aku sama naya yang notabene bukan stylist jadi lah stylist, bareng kak jehan juga dan jane.

KALIAN TAU ?
JADI STYLIST ITU SERUUUU..PENTING ABIS..
tapi cukup deh hahhahaa...gak kompeten aku..wkwkkwkw,,udah paling bener duduk didepan aja.
hahaha (nyerah)

Jadi, di backstage, kita ketemu model-model yang akan pakai baju kita (karena dadakan tadi). Ketika mereka udah tau pakai baju yang mana, kita harus tulisin nama mereka di kertas dan ditempelkan di baju. Karena di backstage kita udah nggak akan sempat lagi nanyain nama si bule siapa atau pakai baju yang mana. Dia juga nggak akan ingat.

ada 3 designer yang akan muncul, dan Jenahara urutan ke 2.
dimana, saat satu model dari designer sebelumnya selesai show di depan, saat mereka kembali ke backstage kita harus sudah buru-buru siapin baju yang akan dia pakai. begitu seterusnya hingga model terakhir.
nah...itu lah saat-saat menegangkan.

karena ini pertama kali, aku sempat nanya ke kak jehan
"Oke kak....kita punya waktu berapa lama untuk gantiin baju si model dan pasang jilbab?"
kak jehan menjawab
"kurang dari 1 menit ndah..itu pun bisa-bisa jilbab nggak kepasang"
oke..aku panik..choyy ! gue aja ganti baju lamaa..apalagi nge stylist.in model, untung baju jenahara simple, jilbab juga simple. kalo nggak ???? menurut ngana ??hahahaha

Nah, di backstage sudah ada stylist dari designer pertama dan ketiga, juga ada panitia backstage yang ngurusin timing nya karena semua harus cepat. cepat banget. serius. lo nggak sempat bersin malah hahaha.
Kita udah bagi-bagi tugas, udah pegang baju pertama siap-siap saat model pertama balik ke backstage.
OLIVIA !
OLIVIIAAA..OLIVIAA..
Panik ceritanya, si model bule ini sampe backstage langsung ngacir ke kita, lepasin semua perabotan yang dia pakai dan kita langsung sigap ngurusin segala look dia buat show.
tiba-tiba aku lupa kancing baju dimana. HAHAHAHA asli itu kocak abis
" kak ..kak..,ini kancingnya dimanaaa ?!!"
trus si model sambilan pasang sepatu, kita ngurusin bajunya, jilbabnya.
belum selesai model pertama ganti baju, sudah ada teriakan nama model kedua.
Makin buyaaar,.
belom selesai model ke dua, udah diteriakin nama model ke tiga.

Aku dengar suara-suara
"jarum pentuuul mana jarum pentul !"
atau
"sepatu model yang ini manaa"
"penitii peniti"--- "jane pasang jilbab yang ini"
hahahahaha.
Maklum siss.. pertama kali..hahaha
tapi alhamdulillah, kita se team bisa bekerja sama dengan baik, bisa tetap tenang di dalam kepanikan.

Dan kita sempat panik saat jilbab salah satu model naik di bagian belakang jadi leher nya bisa kelihatan. Sementara dia sudah siap di pintu masuk stage untuk show, sambil doi nunggu giliran dia kita ngacir benerin jilbab. 

Setelah model pertama kita selesai, kita pun tetap standby, karena mereka akan pakai baju designer ketiga jadi kita kerja sama dengan stylist designer ke 3 untuk prepare ngelepasin atributnya dan langsung di oper ke stylist ke 3, udah nggak paham lagi, manggil naya tapi muka ku ke orang lain, nggak jelas yang penting kelar wes ! hahaha

Setelah selesai rasanya legaa,,kak jehan pun sudah dipanggil namanya kedepan stage. kita bisa liatin dari layar yang ada di backstage.

Seru bangeet ! nggak pernah ngebayangin kalo di backstage aslinya begini.
Tapi setelah ngejalaninnya baru bisa paham kenapa stylist di backstage itu penting banget peranannya.
show yang kalian tonton di depan stage atau di tv, atau tersebar di media dengan look yang dari atas sampai ujung kaki terlihat kece itu ada orang-orang sigap, panik, garcep di belakang nya.
Nggak mudah banget bangeeet stylist.in model yang tinggi nya jauh dari lo dalam waktu less than 1 minute.
Kalian juga harus memperhatikan the whole look nya karena di depan stage wartawan sudah sigap sama kamera-kamera mereka yang kece, yang fotonya bisa menembus ke segala detail baju.

Ini pengalaman menegangkan sekaligus menarik. Akhirnya 1 list ku tercapai yaa..
dan kapok, eh, nggak juga deng.
abis itu aku juga bantuin event show dan ngurusin backstage juga. Tapi udah nggak sepanik IFW karena udah pernah. hehehe..

Semoga selanjutnya pengalaman-pengalaman yang aku dapat lebih seru dari sekarang ya !
AMIIIIIIIIN


salam,
Indah.


LihatTutupKomentar